Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Free Guy (2021): Sinopsis, Alur Cerita, dan Ulasan

Pernahkah kamu membayangkan bagaimana perasaan karakter non-pemain atau non-player character (NPC) dalam setiap game yang dimainkan? Setiap hari NPC ini melakukan rutinitas dan peran yang sama. Apakah mereka tak bosan? Inilah yang menjadi alur cerita dari film Free Guy yang dibintangi oleh Ryan Reynolds, Jodie Comer, Taika Waititi, Joe Keery, Channing Tatum, dan lainnya.

Film yang disutradari oleh Shawn Levy ini memang memiliki alur cerita yang menarik. Meski bukan otentik banget, karena film dengan alur cerita yang nyaris serupa pernah muncul dalam film Gamer dengan aktor Gerard Butler pada tahun 2009, namun dengan balutan komedi dari Ryan Reynolds, film ini cukup segar.

Sinopsis Free Guy

Free Guy dimulai dari cerita tentang tokoh bernama Guy (Ryan Reynolds) di sebuah kota Free City. Ia bekerja sebagai seorang teller bank dan bersahabat dengan seorang satpam di bank tersebut yang bernama Buddy (Lil Rel Howery).

Setiap hari Guy bangun dari tidur, menyiapkan diri untuk bekerja, dan memesan kopi di kafe dengan pola yang sama setiap harinya. Di sela-sela itu, selalu saja ada peristiwa yang dilakukan oleh orang-orang berkacamata. Tidak ada yang dilakukan oleh Guy, bahkan oleh Buddy yang memiliki pistol. Bahkan ketika orang berkacamata itu merampok bank tersebut, mereka berdua hanya tiarap saja.

Suatu ketika Guy merasa ada yang aneh dengan ini semua. Ia mempertanyakan mengapa ia melakukan hal yang sama setiap harinya. Bagaimana jika ia melakukan hal yang berbeda. Dan ia pengin mencari seorang gadis untuk dicintai.

Buddy sebetulnya telah melarang Guy untuk bertindak hal-hal yang diluar kebiasaan. Seperti misalnya Guy yang selalu mempertanyakan mengapa selalu ada orang yang berkacamata dan mereka tak melakukan apa-apa.

Suatu hari Guy bertemu dengan gadis berkacamata MolotovGirl (Jodie Comer) yang bersenandung sebuah lagu. MolotovGirl ini menebak semua tingkah-laku orang-orang yang ditemuinya di Free City. Namun ketika ia berpapasan dengan Guy, terjadi hal yang berbeda. Guy tidak bisa ditebaknya dan merupakan hal yang baru baginya.

Ketika bertemu MolotovGirl, Guy seketika jatuh cinta dan mengikuti langkah gadis ini. Namun ketika MolotovGirl masuk ke sebuah tempat, Guy yang berupaya menyusulnya ternyata ditabrak kereta api. Ya, tentu saja Guy bangkit kembali di tempat tidurnya dan memulai hal yang sama setiap hari.

Guy yang terus bertanya ini akhirnya memberanikan diri untuk mencoba mengambil kacamata dari salah satu perampok yang datang ke bank. Dengan mudah, perampok tersebut berhasil diambil kacamatanya. Tentu saja pemain yang berada dibalik perampok ini terkejut. Sebab Guy adalah NPC, dan tidak seharusnya NPC bertindak demikian.

Saat memakai kacamata, Guy baru mengetahui bahwa kota yang selama ini didiaminya memiliki sisi lain. Sampai saat ini ia belum mengetahui kalau dirinya hanya karakter dalam sebuah game bernama Free City.

Di dunia nyata, Free City ternyata merupakan kreasi dari Antwan (Taika Waititi). Masalahnya sumber kode dari Free City ini tidak orisinal. Ia menjiplak sumber dari Millie dan Keys. Untuk menyelidiki hal ini, Keys bekerja untuk Antwan.

Millie juga menyelidiki hal yang sama dengan masuk menjadi pemain. Dialah yang menjadi MolotovGirl yang disukai Guy tadi. Maksu Millie adalah mencari kepingan video yang disimpan oleh salah satu pemain yang juga YouTuber, Revenjamin Buttons (Channing Tatum), di memori game tersebut.

Dalam pencarian ini, MolotovGirl dibantu oleh Guy yang sudah memenuhi syarat yang diajukannya dengan mencapai level diatas 100. Guy seketika menjadi bintang. Semua orang mencari siapa dibalik Guy ini. Setelah diselidiki, barulah Guy merupakan sebuah NPC.

Konflik kemudian muncul ketika Free City akan dihapus dan diganti menjadi Free City 2. Itu berarti penyelidikan Keys dan Millie selama ini akan gagal, karena Free City 2 akan menghapus semua kode sumber Free City yang pertama.

Alur Cerita Free Guy

Free Guy memiliki alur cerita yang lurus-lurus saja. Ia tak mengalami flash back, maupun memakai alur maju yang kerap membingungkan. Film ini hanya memindah-mindahkan latar antara dunia game dengan dunia nyata. Bahkan dunia nyatanya pun tak luas banget. Hanya berkutat pada kantor Antwan, apartemen Keys, maupun tempat tinggal Millie.

Konflik dalam film ini menjadi menarik, karena ketegangannya muncul ketika Millie dan Keys tahu bahwa Guy merupakan sebuah algoritma kecerdasan buatan yang diciptakan mereka berdua. Pelan tapi pasti, keduanya pun memiliki bukti bahwa Antwan memakai kode buatan mereka untuk membuat game Free City.

Emosi juga muncul ketika Millie sebagai MolotovGirl harus meyakinkan Guy agar menyelesaikan misinya untuk mengungkap kecurangan Antwan dalam game Free City. Sebuah hal yang tak mudah, apalagi di saat yang sama, Keys dipecat oleh Antwan.

Bagaimana kelanjutannya? Bagaimana hubungan Keys dengan Millie selanjutnya? Lebih baik nonton saja filmnya secara langsung.

Ulasan Free Guy

Secara umum Free Guy sangat menarik. Ceritanya unik. Balutan komedinya tidak berlebihan. Apalagi Ryan Reynolds cukup terbiasa dengan peran-peran semacam ini.

Secara keseluruhan Free Guy tidak mengecewakan. Ritmenya terjaga dengan baik. Ia tidak selalu tegang, sebab diselingi hal yang lucu, tapi juga tak garing. Ada unsur romantisnya yang mungkin khas programer. Seru!

Kalau saya nilai, film ini memperoleh poin 7,5 dari 10 poin. Layak ditonton.

Posting Komentar untuk "Free Guy (2021): Sinopsis, Alur Cerita, dan Ulasan"