Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Menenangkan Pikiran dari Rutinitas yang Membosankan

Rutinitas di zaman modern sering membuat pikiran tidak fokus. Rasanya sulit dalam menenangkan pikiran. Sehingga ujung-ujungnya stres dan memicu banyak penyakit.

Banyak hal yang bisa memicu rutinitas jadi hal yang membosankan. Biasanya hadir dari ponsel, berita, media sosial, bahkan pekerjaan yang menumpuk bisa memicunya.

Untuk itulah Anda memerlukan tips agar bisa menenangkan pikiran. Sehingga ketika bertemu rutinitas yang sama, pikiran jadi lebih tenang, fokus, dan santai.

menenangkan pikiran

Inilah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk bisa menenangkan pikiran.

1. Berlatih pernafasan

Pernahkah Anda menemui situasi yang membuat Anda pengin berteriak hanya untuk sekadar melepaskan beban sejenak? Yang Anda perlukan mungkin bukan teriakan keras yang bisa jadi membuat Anda terkena masalah lain.

Anda memerlukan latihan nafas dalam situasi yang sulit seperti itu. Tentu saja bukan nafas biasa yang membuat Anda tetap hidup hingga saat ini. Tapi latihan nafas agar pikiran Anda kembali tenang.

Silakan lakukan kegiatan berikut ini:

  1. Duduklah dalam posisi yang nyaman.
  2. Tutup mata Anda.
  3. Tempatkan ujung lidah di belakang gigi depan atas Anda.
  4. Tarik nafas melalui hidung selama 4 detik.
  5. Tahan nafas selama 7 detik.
  6. Hembuskan nafas melalui mulut selama 8 detik.
  7. Silakan ulangi hingga 4 atau 5 kali sampai tubuh Anda lebih tenang.

Latihan nafas ini bisa memicu saraf parasimpatik Anda. Ini berpengaruh pada kemampuan tubuh untuk lebih rileks dan tenang.

2. Mendengar Suara yang Menenangkan

Selama ribuan tahun, suara telah dipergunakan untuk membantu banyak orang dalam menyembuhkan penyakit. Sebab beberapa jenis suara dipercaya mampu menurunkan tekanan darah, mendukung saraf parasimpatik, dan menurunkan detak jantung.

Beberapa suara bisa membawa Anda dari keadaan Beta masuk kepada keadaan Alpha, dimana lebih santai dan kreatif. Bahkan ada juga yang mampu membawa Anda ke keadaan Theta atau Delta untuk kebutuhan istirahat yang jauh lebh tenang.

Pada kondisi itulah tubuh akan menyembuhkan dirinya sendiri dengan cara melepaskan penyumbatan emosional yang terjadi.

Lantas suara seperti apakah yang dibutuhkan? Tentu bukan suara klakson mobil atau mesin yang berisik. Namun suara musik klasik bisa dipergunakan untuk terapi ini.

3. Melakukan Meditasi

Meditasi ini memang dikenal sebagai terapi dalam menenangkan pikiran. Dengan meditasi, semua hal seperti berlatih pernafasan dan mendengarkan suara yang menenangkan bisa Anda gabungkan.

Anda hanya perlu melakukan meditasi 5-30 menit setiap harinya untuk mendapatkan ketenangan dalam berpikir. Meski bisa kapan saja, lakukan meditasi ketika pagi hari di suasana yang masih tenang ataupun sore hari menjelang istirahat.

4. Mendengarkan Mantra

Mantra merupakan kalimat-kalimat tertentu yang dipercaya mampu menjadi penyembuh jiwa yang stres dan gelisah. Dalam berbagai praktek keagamaan, mantra ini bisa diambil dari ayat-ayat suci keagamaan.

Buat Anda yang beragama Islam tentu pernah mendengar metode ruqyah untuk menyembuhkan kesurupan akibat makhluk halus. Hal yang sama juga bisa dilakukan untuk mendapatkan ketenangan dalam berpikir.

5. Bepergian ke Alam Bebas

Alam yang asri, hijau, dan sejuk selalu menyediakan ketenangan bagi pengunjungnya. Itulah mengapa di akhir pekan, tempat-tempat wisata alam selalu ramai.

Kalau Anda tidak mendapatkan ketenangan karena tempat-tempat itu selalu ramai, silakan cari tempat lain sebagai alternatif. Temukan ketenangan Anda sendiri.

Anda bisa ke pantai yang masih belum banyak dijamah orang, pegunungan yang sepi pengunjung, maupun resort yang menyediakan kawasan pribadi yang memuat Anda mendapatkan ketenangan.

Posting Komentar untuk "5 Tips Menenangkan Pikiran dari Rutinitas yang Membosankan"