Tentang Rapid Test Covid-19 yang Perlu Kamu Ketahui

Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang disebabkan oleh infeksi dari virus corona baru telah memakan banyak korban dan mengganggu banyak orang dalam beraktivitas. Memasuki Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), beberapa wilayah dan moda transportasi mewajibkan surat bebas Covid-19 dengan syarat minimal melakukan rapid test.

Rapid test menjadi syarat diterbitkan atau tidak diterbitkannya surat keterangan bebas dari Covid-19. Apabila seseorang diklaim bebas Covid-19, maka surat tersebut akan diterbitkan dan seseorang bisa masuk dengan bekal surat izin tersebut.

rapid test terdekat

Surat dengan jenis yang sama pula bisa diterbitkan untuk kebutuhan naik pesawat terbang. Moda transportasi ini mewajibkan calon penumpangnya untuk memiliki surat bebas Covid-19 dengan melampirkan hasil rapid test yang menunjukkan non-reaktif. Apabila reaktif, tentu saja surat tersebut tidak akan diterbitkan.

Surat ini diterbitkan tentu saja agar mata rantai penyebaran Covid-19 bisa dicegah. Meski hasil rapid test masih diperdebatkan, tetapi hasil dari tes tersebut bisa menjadi pemandu kebijakan dalam memetakan penyebaran Covid-19.

Nah, buat kamu yang pengin melakukan perjalanan, baik ke Jakarta maupun akan menggunakan moda pesawat terbang, sebaiknya pelu mengetahui apa itu rapid test dan dimana saja lokasi rapid test terdekat yang bisa dijangkau.

Antibodi Tubuh

Sebelum ke penjelasan tentang apa itu rapid test, perlu diketahui kalau didalam darah manusia terdapat dua jenis antibodi, yakni IgM dan IgG. Kedua antibodi dikandung oleh darah dan cairan tubuh lain serta akan tercipta ketika seseorang terinfeksi virus apapun. Ya, virus apapun termasuk virus corona.

IgM alias Immunoglobulin M merupakan jenis antibodi yang dihasilkan oleh tubuh ketika kamu pertama kali terinfeksi oleh virus, bakteri, atau kuman. Antibodi ini merupakan pertahanan pertama dari tubuh dalam melawan infeksi. IgM akan meningkat secara drastis dalam waktu cepat apabila tubuh mengalami infeksi.

Sementara itu IgG atau Immunoglobulin G merupakan antibodi yang memiliki kemampuan dalam mengingat virus, bakteri, atau kuman yang pernah masuk ke tubuh. Sehingga tubuh kamu lebih mudah untuk mengatasi infeksi tersebut dengan cepat. IgG paling banyak dikandung dalam cairan tubuh daripada IgM.

Apa Itu Rapid Test?

Nah, rapid test adalah metode yang dipakai untuk screening awal guna mengetahui apakah dalam tubuh kamu sudah muncul antibodi IgM dan IgG tadi. Kalau pada saat dites antibodi itu sedang membentuk atau sudah terbentuk, maka besar kemungkinan sedang ada virus yang menginfeksi tubuh.

Rapid test mirip pemeriksaan kolesterol dan asam urat, yakni menggunakan darah. Sebab pada cairan tubuh berwarna merah inilah terkandung antibodi dalam melawan infeksi virus, bakteri, atau kuman.

Sebagaimana diketahui, rapid test memang bukanlah alat untuk mengetahui apakah seseorang terinfeksi virus corona atau tidak. Sebab tes ini hanyalah untuk mengetahui apakah antibodi terbentuk. Kalau antibodi terbentuk yang berarti reaktif, maka kemungkinan seseorang positif terinfeksi sesuatu. Untuk hasil lebih lanjut, diperlukan tes lanjutan berupa PCR Test dengan Swab tenggorokan.

Meski dengan kelemahan tersebut, tetap saja rapid test diperlukan guna mengetahui secara cepat potensi penyebaran Covid-19 di suatu wilayah. Kecepatan hasil yang didapatkan sangat diperlukan pemangku kebijakan untuk mendapatkan peta persebaran Covid-19 di wilayahnya.

Rapid Test Terdekat

Kembali lagi ke pokok bahasan diawal, yakni dimana sih tempat buat melakukan rapid test secara mandiri dan mendapatkan surat keterangan yang dibutuhkan? Jawabannya ada dalam genggaman kamu.

Kamu bisa membuka aplikasi Halodoc dan mencari tempat untuk melakukan rapid test terdekat dengan wilayah kamu. Kalau aplikasinya belum punya, silakan unduh saja di Play Store untuk pengguna Android maupun App Store buat pengguna iOS.

Halodoc merupakan platform aplikasi kesehatan untuk berkonsultasi dengan dokter. Aplikasi ini dibuat oleh Jonathan Sudharta dengan nama perusahaan PT Media Dokter Investama. Pada Maret 2019 lalu, mereka mendapatkan pendanaan Seri B sebesar $65 juta.

Biaya rapid test di berbagai rumah sakit yang ditampilkan di aplikasi Halodoc mulai dari Rp275.000,00. Yang perlu kamu catat adalah biaya tersebut hanya untuk mengetahui hasil reaktif atau non-reaktif saja. Kalau mau mendapatkan surat yang diinginkan, maka ada tambahan biaya yang biasanya sekitar Rp50.000,00.

Demikian artikel tentang apa itu rapid test dan fasilitas kesehatan mana saja yang bisa dipergunakan untuk rapid test terdekat. Semoga bisa membantu perjalanan kamu. Dan jangan lupa, tetap jaga kesehatan dan patuhi protokol pencegahan Covid-19 dimanapun.

21 komentar untuk "Tentang Rapid Test Covid-19 yang Perlu Kamu Ketahui"

  1. sangat membantu banget infonya ini kak. jadi aku tau kalau mau rapid test gmn kak. informasi nya juga lengkap sampai biaya yang dikeluarkan pun aku jadi tau, dan sudah bs dipersiapkan sejak dini

    BalasHapus
  2. Suamiku baru tadi siang ngejalanin rapid test
    Ternyata gak seseram bayangan aku. Tadinya ku pikir ambil cairan apa gitu yang lewat tenggorokan, ternyata darah aja to yang di cek
    Baca ini jadi makin ngerti lagi deh
    Dan baru tahu kalau di halodoc juga ada layanan rapid test
    Makasi infonya ya

    BalasHapus
  3. Kemaren kakkaku balik ke Bali kak dan melakukan rapid test di RS ternyata beda kabupaten beda kebijakan biayanyabiayanya yaaa di haldoc cukup standar ya tapi di rs terbaru di wilayhku lebih murah dari itu dan di kabupaten sebelah 2x lipat dari itu.

    BalasHapus
  4. Iya sih rapid emang cuma mengecek antibodi. Lebih akurat swab. Tapi belum tau di kotaku uda bisa ngga ya menggunakan layanan halo doc untuk rapid. Ntar deh dicoba liat, hehe.

    BalasHapus
  5. Lumayan terjangkau ya bang Doel. 275 ribu dengan tambahan surat 50. Asyiknya tu kalo pake halodoc bisa bikin jadwal sesuai dengan kemauan kita ya.

    BalasHapus
  6. Dibandingkan dengan daerahku, biaya rapid test dengan halodoc ini tergolong murah ya. Apalagi kondisi sekarang rapid test seperti jadi satu kebhtuhan ya

    BalasHapus
  7. untung lah ya ada aplikasi Halodoc. Jadi tenang nih kalau mau rapid test tidk perlu seharian datang ke fasilitas kesehatan karena bisa bikin janji dengan dokter di Halodoc untuk rapid test. Jadi lebih efisien dari segi waktu dan biaya

    BalasHapus
  8. Mantapp halodoc, aplikasi yang memudahkan kita untuk mengecek kesehatan kita. Semoga kita semua dijauhkan dari yang namanya covid-19 ini.

    BalasHapus
  9. Jadi 325rb itu jika kita ke RS terdekat ya bukan dokternya yang diminta ke rumah? Masih parno mas does kalo harus ke RS.

    BalasHapus
  10. Jadi lebih murah ya kalau di Halodoc. Di sini 350 ribu.
    Huhu. Mahaaaal untuk ukuran orang yang ekonomi lemah sampai sedang, sementara pandemi ini pukul rata, semua bisa kena. Hiks

    BalasHapus
  11. Adikku kemarin balik ke pondok juga harus bawa hasil rapid test. Lumayan mahal daripada biaya rapidtest di halodoc ternyataaaa.

    BalasHapus
  12. Semakin dimudahkan untuk mengikuti rapid test.. ini penting banget aga mengetahui diri kita dalam keadaan sehat dan bukan OTG

    BalasHapus
  13. Wah itu harganya lebih murah. Kalau di sini yang paling murah aja 499ribu. Jadi refrensi deh kalau butuh tes rapid.

    BalasHapus
  14. Baguslah kalau ada rapid test yang terjangkau, karena sekarang kalau mau keluar daerah selalu dimintai hasil rapid test

    BalasHapus
  15. Kalau di dalam sel darah kita udah atau sedang terbentuk antibodi berarti tandanya ada virus yg sedang menginfeksi ya Bang Doel. Sayangnya kl orang lg flu atau pilek juga diterjemahin positif Covid-19 sm si rapid ini, bener gak ya

    BalasHapus
  16. Mertua saya mau ke Surabaya nih mas. Secara Jakarta-Surabaya yaaaa, harus ada bawa surat rapid test begini. Langsung saya rekomendasikan Halodoc dooong.

    BalasHapus
  17. Halodoc bisa dijadikan acuan nomor satu untuk informasi kesehatan secara falid ya. karena sumbernya jelas. informasi rapid test juga jelas. jadi paham saya.makasih kak

    BalasHapus
  18. Halodoc ini bener-bener komplit banget layanannya ya Kak. Btw sekarang rapid kegunaannya banyak, selain untuk pekerjaan juga untuk pergi-pergi misalnya terbang. Ternyata biayanya gak sampe 500rb ya, kukira mahal banget gt hehe. Semoga kita semua sehat selalu ya Kak. Jadi ngeh tentang detailnya rapid test deh kalo baca tulisan ini, emang buat liat reaktif apa enggak. Baru lanjut swab kalo mau valid ya.

    BalasHapus
  19. wah halodoc lengkap bgt bisa rapid tes juga dpt surat2 ya.. aku baru tau biayanya 275rb ya. sekarang memang eranya dunia kesehatan berkembang dengan dunia tekno gini

    BalasHapus
  20. Sampai hari ini, alhamdulillah belum pernah rapid tes (dan semoga ngga sampai perlu rapid test buat perjalanan luar kota) ... btw Aplikasi halodoc lengkap pisan euy, sampai layanan buat rapid test pun ada.

    BalasHapus
  21. Tapi kok ada ya yang keluar masuk kota, gak perlu rapid test, padahal cukup penting ya. Caranya simpel banget ya, . Pendanaan Seri B apaan dah ya??

    BalasHapus

Posting Komentar