11 Barang yang Harus Disingkirkan Agar Rumah Lebih Rapi

Pernahkah rumah menjadi tempat yang membosankan? Atau rumah menjadi sumber penghilang mood yang utama? Jika iya, maka kemungkinan rumah kamu terlalu banyak barang-barang lama yang belum disingkirkan. Apa saja itu? Ini daftarnya:


1. Majalah dan koran lawas

Kamu kolektor majalah dan koran lawas? Jika bukan, singkirkan mereka. Namun apabila terpaksa ada artikel yang perlu dipertahankan, scan saja dan simpan di komputer. Atau jika memang ada yang menerima, sumbangkan saja dalam bentuk majalahnya secara utuh.

2. Resep obat, tagihan dan dokumen usang

Resep obat, tagihan dan dokumen yang usang seringkali menjadi sumber utama dari ketidakrapihan rumah kamu. Buang saja mereka, atau jika suatu saat butuh resep obat, catat saja di buku catatan atau scan dan simpan di komputer. Begitu pun dengan tagihan dan dokumen yang tidak terpakai.

3. Baju tak terpakai

Perhatikan, adakah baju yang tak pernah kamu pakai dalam kurun tiga hingga empat bulan? Jual saja, atau sumbangkan pada siapapun yang membutuhkannya. Lemari yang penuh, apalagi gantungan baju yang membebani tembok hanya menambah keruwetan ruangan.

4. Buku tak terbaca

Lihat rak buku kamu, jika ada buku yang tak bakal kamu sentuh, apalagi membacanya, buang saja, atau dijual saja di tempat loakan.

5. Obat dan vitamin

Obat dan vitamin seringkali menyisakan botol dan kemasan yang berserakan. Bisa jadi masih ada isinya, namun coba cek tanggal kadaluarsanya. Jika sudah mendekati tanggal batas kadaluarsanya, sortir dan buang saja.

6. Kosmetik dan parfum

Tempat kosmetik dan botol parfum yang sudah habis memang menggoda untuk dikoleksi. Namun jika tak ada tempat yang representatif dan hanya menganggu efisiensi ruangan, buang saja mereka.

7. Perhiasan

Buang saja perhiasan yang tidak kamu pakai. Eh, tunggu dulu, kali ini perhiasan ya. Kalau ini opsinya hanya dijual jika memang perhiasan yang kita miliki rusak, atau tak pernah dipakai untuk jangka waktu dua hingga tiga bulan.

8. Makanan

Memang ada yang menyimpan makanan? Coba cek kulkas. Bisa jadi ditemukan bahan-bahan, atau makanan kemarin sore yang tersisa dan ada rencana untuk dimakan kembali. Dan semuanya lupa, kemudian menumpuk di kulkas begitu saja.

9. Benda-benda koleksi

Ini yang mungkin paling berat. Namun pertimbangkan kembali jika benda-benda itu sudah tak terpakai. Opsinya buang atau diberikan pada orang lain.

10. Buku catatan

Siapapun, sebelum mengenal menulis di smartphone, menulis sesuatu di buku catatan. Baik buku catatan yang kecil hingga besar seringkali menumpuk di meja atau rak buku. Coba pertimbangkan kembali apakah mereka masih dibutuhkan oleh kita? Jika hanya menjadi kenangan, buang saja.

11. Benda elektronik bekas

Masih punya radio tapi stasiun radionya sudah bangkrut dan tak tersisa satu pun di kotamu? Atau punya tape recorder namun tak punya kaset untuk diputar? Lalu buat apa mereka masih ada di rak elektronikmu?

Benda-benda diatas mungkin berkurang, namun kemungkinan bertambahnya lebih besar jika rumah kamu masih tampak tidak rapih. Cari lagi dan biarkan rumah kamu bersih dan mendatangkan inspirasi serta energi positif. Namun hal-hal diatas tak berarti apa-apa jika kamu merasa nyaman dengan barang-barang itu, dengan ketidakrapihan itu.

Belum ada Komentar untuk "11 Barang yang Harus Disingkirkan Agar Rumah Lebih Rapi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel