Inilah 10 Bangunan Monumental Karya Zaha Hadid

Zaha Hadid, seorang perempuan arsitek kenamaan dunia meninggal di usia yang ke 65 tahun. Perempuan kelahiran Irak yang bernama lengkap Zaha Mohammad Hadid ini didagnosa terkena serangan jantung di rumah sakit Miami.

Sebelumnya ia pun menderita bronchitis. Dunia pun kehilangan sosok wanita inspiratif yang telah mendesain banyak gedung-gedung di seluruh dunia ini. Gedung mana saja yang dibangun oleh wanita yang pernah menerima gelar Order of British Empire ini? Berikut sepuluh gedung yang pernah didesainnya:

1. Vitra fire station, Weil am Rhein (1994)



Inilah 10 Bangunan Karya Zaha Hadid


Vitra fire station di Jerman merupakan gedung pertama yang pernah dibangun oleh Hadid. Sebuah bangunan dengan konsep efek nan impresif yang seolah mengemukakan kondisi darurat. Setidaknya pujian pun berdatangan dari pihak lain terutama Architectural Review, sebuah media yang khusus mengulas karya-karya arsitektur. Oleh Hadid, Vitra pun dibangun berbeda sama sekali dengan gedung sebelumnya. Dan kini para pemadam kebakaran bisa melihat gedungnya bukan hanya sebagai kantor saja, tapi mirip semacam pusat kegiatan publik.

2. Phaeno science centre, Wolfsburg (2005)



Inilah 10 Bangunan Karya Zaha Hadid

Masih dipercaya oleh Jerman, Hadid kemudian membangun pusat pengetahuan Phaeno di Wolfsburg. Karyanya kali ini tidak bebas kritik, namun tetap diterimanya dengan baik dan orang-orang bisa melihat bagaimana karya Hadid ini menjadi pusat perhatian di Jerman.

3. Bridge Pavilion, Zaragoza (2008)

Inilah 10 Bangunan Karya Zaha Hadid

Terinspirasi dari sebuah rangkaian bunga gladioli dan air yang melewatinya, Bridge Pavilion di Zaragoza, Spanyol dibangun. Sebuah jembatan yang begitu unik, yang menghubungkan antara pemukiman La Amazora dan Zaragoza Expo pada 2008 menjadi karya Hadid yang terus membuat decak kagum.

4. Evelyn Grace Academy, London (2008)

Inilah 10 Bangunan Karya Zaha Hadid

Berbiaya £36 juta, sebuah bangunan sekolah yang membentuk huruf Z terbangun di Brixton, wilayah selatan London. Dengan trek lari yang menembus bawah gedung, bangunan ini menyingkirkan kandidat lain dalam memperoleh Stirling Prize. Yang membuat istimewa adalah, Hadid pernah sekolah disini, dan ia semakin terkenal di Inggris.

5. Guangzhou opera house, Guangzhou (2010)

Inilah 10 Bangunan Karya Zaha Hadid

Berbalur kaca dimana-mana membuat gedung dengan biaya £130 juta ini semakin tampak cantik kalau malam. Gayanya mengakomodir ilustrasi dari batuan kali yang tergerus oleh arus sungai. Ini menguatkan posisi gedung yang memang berada di sekitar sungai.

6. Syeikh Zayed Bridge, Abu Dhabi (2010)

Inilah 10 Bangunan Karya Zaha Hadid

Dengan lengkungan yang menghiasi keseluruhan bangunan, jembatan yang melintas selat Maqtah ini menghabiskan biaya £200 juta.

7. Riverside museum, Glasgow (2011)

Inilah 10 Bangunan Karya Zaha Hadid

Setelah mendesain Evelyn Grace Academy, Hadid memang makin dikenal di Inggris, sehingga beberapa gedung landmark sudah mulai memakai jasanya. Salah satunya Riverside museum di Glasgow. Gedung ini mendapat gelar sebagai museum berdesain terbaik di Eropa tahun 2013.

8. London aquatics centre, Stratford (2012)

Inilah 10 Bangunan Karya Zaha Hadid

Menghabiskan dana hingga £269 juta, gedung kolam renang ini mirip dengan katedral. Dibangun untuk menghadapi Olimpiade 2012 di London, London aquatic centre mampum menampung dua kolam renang dengan panjang 50 meter dan 2.500 penonton.

9. Heydar Aliyev cultural center, Baku (2012)

Inilah 10 Bangunan Karya Zaha Hadid

Kali ini Ajerbaijan yang mempercayai karya Hadid. Meski diprotes oleh kelompok pegiat HAM karena ada penggusuran warga dalam pembangunannya, karyanya yang satu ini kembali menuai penghargaan dalam London Design Museum pada 2014.

10. Galaxy Soho, Beijing (2012)

Inilah 10 Bangunan Karya Zaha Hadid

Ini mungkin gedung karya Hadid yang paling mirip dengan bangunan di film-film ruang angkasa. Mall ini memanjang dan meliuk-liuk bak aliran sungai.

Jika diperhatikan, seluruh karya Hadid didominasi oleh lengkungan dan kurva. Oleh sebab itu, komunitas arsitektur menjuluki Hadid sebagai 'ratu kurva'. Dan kini dunia kehilangan sang ratu yang telah banyak menorehkan desain-desain nan unik dan megah itu.

Belum ada Komentar untuk "Inilah 10 Bangunan Monumental Karya Zaha Hadid"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel