10 Tempat Mitos Dunia yang Dianggap Pernah Ada

Tempat-tempat yang hanya jadi mitos di dunia ini berawal dari cerita yang turun-temurun. Meski jaman sekarang jamannya GPS dan Google Maps, namun tempat-tempat semacam itu masih diperbincangkan sebagai tempat bersejarah yang pernah eksis.



Karena banyak orang menyukai misteri, dan banyak orang juga suka berspekulasi dengan petualangan mereka, tempat-tempat semacam itu masih terus dipelihara dalam alam pikiran masing-masing dengan asumsinya. Inilah sepuluh tempat yang menjadi mitos namun pernah dianggap ada di dunia ini.

1. Lost City of God




Ketika Kerajaan Inca jatuh ke bangsa Eropa, sebuah cerita legenda mengatakan bahwa pimpinan bangsa lokal telah menyimpan harta karun berupa emas dan perak. Namun hingga hari ini, harta karun terebut tak satu pun yan mengetahuinya.

Ceritanya kemudian berlanjut ketika beberapa tahun belakangan ini, para peneliti menemukan pintu masuk yang membawa ke arah harta karun itu. Memang bangunan peninggalan kerajaan tersebut ditemukan dan membuat para peneliti terkesima. Hanya saja selain penemuan itu masih belum diungkap ke publik, harta karun itu pun belum ditemukan.

2. Fenn's Fortune




Pada tahun 2010, rumah seni di Santa Fe, Forrest Fenn, mengungkap ada kotak perunggu yang berisi emas, perhiasan dan batu mulia dengan nilai USD 1 juta yang ditemukan di pegunungan Rocky. Namun di sebelah mana dari pegunungan di Amerika bagian utara itu tidak jelas.

Hanya saja penemuan tersebut membuat banyak orang berbondong-bondong mencarinya, meski sangat berbahaya. Tak ayal, korban pun berjatuhan. Satu orang dinyatakan hilang dalam pencarian harta karun itu.

3. Shangri-La




Diduga terkait dengan ajaran Buddha di Tibet, sebuah surga yang pernah disebut dalam novel Lost Horizon terbitan tahun 1933, menyimpan ketertarikan para petualang untuk mencari kebenaran atas Shangri-La, sebuah 'surga' yang pernah dimitoskan ada di dunia ini.

Sebuah tempat bernama Mustang, sebuah kawasan terpencil di Nepal, memang bak surga yang utopia bagi dunia ini. Hanya saja tempat itu bukanlah Shangri-La yang diungkap dalam novel tersebut.

4. Camelot




Kalau ada karakter yang paling terkenal di sejarah dunia Barat, mungkin banyak orang bakal setuju jika disebut nama King Arthur. Namun banyak orang yang tidak setuju apabila disebutkan bahwa Ksatria dan Meja Bundar dan dia sendiri pernah ada.

Mungkin ada yang bernama Arthur, namun hanya tercatat sebagai penguasa lokal, bukan Raja Inggris Raya yang pernah berjaya dengan meja bundarnya.

5. Atlantis




Hampir mirip dengan Shangri-La. Namun Atlantis jauh disebut saat jaman Yunani Kuno, dimana seorang filsuf bernama Plato menyebutkan ada surga yang ditenggelamkan di samudera Atlantik.

Kepiawaian Plato mendeskripsikan sesuatu membuat Atlantis sepertinya benar-benar ada. Namun tak ada yang tahu apakah tempat ini benar-benar ada atau hanya mitos belaka.

6. Fountain of Youth




Sumber mata air yang mampu membuat awet muda memang jadi mitos dimana-mana. Salah satunya menimpa Fountain of Youth, sebuah tempat yang pertama kali ditulis oleh Herodotus pada abad ke 5 sebelum masehi, kemudian roman milik Alexander pada abad ke 3 masehi, dan terakhir oleh Prester John pada awal Perang salib.

Kabarnya pula, sebagaimana penuturan Ponce de Leon yang mengklaim telah menemukan air mancur ini di pantai Florida.

7. Taman Gantung Babilonia




Satu-satunya tempat dari Tujuh Keajaiban Dunia yang tercatat tidak memiliki bangunan yang masih eksis. Banyak orang menduga bahwa tempat ini semacam piramida namun memiliki aneka tanaman di setiap undakannya. Lokasinya diduga berada di Irak Tengah.

8. Makam Genghis Khan




Dunia dibuat takjub juga ngeri atas pencapaian prajurit Mongolia dibawah kuasa Genghis Khan. Namun makam pembesar Mongolia ini justru tak ada satu pun yang tahu.

Banyak yang menduga Genghis dimakamkan di Burkhan Khaldun, pegunungan di timur Mongolia. Namun belum ada penjelasan ilmiah yang menjelaskan bahwa tempat tersebut memang makam Genghis.

Bahkan tempatnya pun terpencil dan terlarang untuk orang luar masuk ke wilayah tersebut. Publik hanya boleh melihat tempat ini dari kejauhan.

9. Kota yang hilang di Kalahari




Pada tahun 1800-an, seorang pemain sirkus mengaku menemukan jejak-jejak kota yang rusak di tengah gurun pasir Kalahari, diantara perbatasan Botswana, Namibia dan Afrika Selatan. Namun dokumentasi penelitian yang pernah dilakukan hilang tak berjejak.

10. White City




Penakluk dari Spanyol, Hernan Cortes, pernah mengungkapkan bahwa dirinya diceritakan ada sebuah kota di tengah hutan yang begitu mempesona. Namun Hernan belum pernah menemukannya sendiri.

Penelitian Hernan kemudian dilanjutkan oleh para peneliti pada akhir abad 20, yang melacak ada saksi yang pernah mengetahui tempat tersebut berada di Mosquitia, sebuah wilayah di Honduras.

Bagaimana? Tertarik menjelajahinya sendiri?

Posting Komentar untuk "10 Tempat Mitos Dunia yang Dianggap Pernah Ada"