7 Khasiat Minum Air Hangat yang Tak Terduga

Meminum air empat gelas sehari memang banyak dianjurkan oleh para ahli kesehatan. Namun kebanyakan orang meminum air hanya untuk menghilangkan haus semata. Bahkan banyak diantaranya mengonsumsi air dingin agar haus itu cepat pergi dari tenggorokan.

Sayangnya kebiasaan tersebut justru menjauhkan manfaat air itu sendiri bagi tubuh. Untuk itu ada baiknya dalam kondisi apapun, baik saat haus, baru bangun tidur, atau setelah berolahraga, asupan cairan berupa air putih ini sebaiknya dalam suhu yang hangat.

Air hangat banyak manfaatnya bagi tubuh. Nah, pada artikel ini memuat daftar khasiat dari meminum air hangat yang tidak banyak orang menduganya.


1. Menurunkan Berat Badan


Air hangat mampu menjaga metabolisme tubuh. Metabolisme yang terjaga memungkinkan tubuh untuk mengatur kebutuhan energinya sendiri. Untuk itu mulailah ahri dengan segelas air hangat agar metabolisme tubuh siap dengan cepat. Tak cuma itu saja, air hangat pun mampu meluruhkan lemak dalam tubuh yang berpotensi menaikkan berat badan. Tips ini akan lebih optimal apabila konsumsi air hangat itu ditambah dengan perasan jeruk lemon.

2. Membantu Gangguan Pernafasan dan Tenggorokan


Meminum air hangat bisa membantu mengurangi gejala yang ditimbulkan oleh pilek, batuk dan sakit tenggorokan. Air hangat mampu menyingkirkan gangguan pernafasan yang biasanya disebabkan oleh lendir yang ditimbulkan oleh pilek. Tak perlu obat yang bermacam-macam, terapi air hangat mampu mengembalikan kondisi tubuh dengan pertama kali mengurangi gangguan pernafasan dan tenggorokan saat pilek menyerang.

3. Mengurangi Nyeri Haid


Untuk perempuan yang sering mengeluh sakit perut ketika datang bulan atau haid, meminum air hangat mampu mengurangi rasa sakit ketika 'lagi banyak'. Efek dari air hangat mampu meredakan ketegangan otot perut yang berkontraksi ketika mengeluarkan darah kotor. Ini secara langsung mampu mengurangi nyeri yang ditimbulkan ketika haid.

4. Detoksifikasi Tubuh


Telah dijelaskan bahwa air hangat mampu memicu metabolisme agar otpimal. Metabolisme yang baik menjaga sistem sekresi tubuh agar terus mengeluarkan zat-zat sisa yang berpotensi menjadi racun dalam tubuh. Oleh karena itu meminum air hangat, apalagi ditambah dengan perasan jeruk lemon, mampu membantu tubuh untuk mengeluarkan racunnya sendiri alias detoksifikasi.

5. Mencegah Penuaan


Kalau racun sudah dikeluarkan dari tubuh, maka salah satu bagian tubuh yang paling menerima imbas baiknya adalah kulit. Dengan hilangnya racun dalam tubuh, kulit pun mampu menangkal radikal bebas berbahaya yang datang ketika beraktifitas. Dengan begitu, meski usia bertambah, kulit tetap mulus dan kencang. Penyakit kulit seperti jerawat, komedo dan lain-lainnya pun segan untuk datang.

6. Pertumbuhan, Vitalitas, dan Kesehatan Rambut


Meminum air hangat ternyata mampu meningkatkan kualitas rambut kita. Air hangat mampu mengaktifasi saraf-saraf rambut sehingga baik pertumbuhan, vitalitas, dan kesehatan rambut pun terjaga dengan baik. Dengan manfaat air hangat ini, bahkan ketombe, apalagi kutu rambut bakal jauh-jauh.

7. Menjaga Peredaran Darah dan Sel Saraf


Kalau metabolisme sudah bagus, maka itu berarti aliran darah pun bakal lancar. Pun dengan sel saraf yang menyertainya. Air hangat mampu menjaga keduanya dengan baik, asal konsumsinya secara rutin. Dengan air hangat, kolesterol jahat yang menyumbat aliran darah bakal disingkirkan secara alami.

Demikian manfaat air hangat bagi tubuh kita. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "7 Khasiat Minum Air Hangat yang Tak Terduga"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel