Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Tempat Wisata Spiritual Dunia yang Wajib Dikunjungi

Pencarian akan berbagai tempat wisata spiritual yang mampu menghilangkan derita fisik, gangguan mental, problema spiritual memang tak pernah berhenti.

Seringkali upaya tersebut menemui jalan yang bercabang dan membingungkan. Namun dewasa ini, ketika cerita orang jaman dulu mampu dibuktikan dengan ilmu pengetahuan, maka pencarian itu semakin hari semakin memiliki titik temu.

Beragam faktor dari tempat-tempat tersebut dirinci satu persatu agar secara holistik mampu menjadi jembatan bagi kesehatan dan kebugaran manusia yang berkunjung kesana.

Berikut ini merupakan tempat wisata spiritual di seluruh dunia yang diketahui mampu membawa dampak positif bagi kesehatan dan kebugaran tubuh seseorang.

Mekkah, Saudi Arabia



Setelah Nabi Ibrahim dibantu putranya Nabi Ismail membangun Ka'bah, tempat ini menjadi kota suci utama bagi ummat Islam seluruh dunia.

Selain sebagai kota peribadatan yang mampu membangkitkan kesehatan spiritual bagi pengunjung, keberadaan mata air Zam-zam pun dipercaya mampu menyehatkan tubuh peminumnya. Meski tidak tepat untuk disebut sebagai destinasi wisata murni, namun Mekkah menjadi pilihan destinasi wisata religi yang sangat diminati.

Lourdes, Perancis



Sejak dulu, Lourdes menjadi tempat wisata spiritual yang sangat populer di kalangan pelancong dan peziarah. Lourdes, konon katanya, merupakan tempat dimana keajaiban dan kepercayaan spiritual bertemu dan bekerjasama dalam menghilangkan kegelapan yang menggelayuti manusia.

Pengobatan spiritual yang umum dipakai di tempat ini adalah mandi di kolam mata air Bernadette, dimana menurut catatan sejarah banyak orang yang telah tersembuhkan setelah pulang dari tempat ini.

Macchu Picchu, Peru



Meski menyimpan banyak misteri dan keprimitifan, nyatanya Macchu Picchu yang berada di Pegunungan Andes, Peru, tetap didatangi oleh banyak orang. Ia menjadi tempat wisata spiritual yang sangat populer.

Mereka yang datang pada umumnya ingin mencari jalan kesembuhan bagi gangguan spiritual yang dideritanya. Para sesepuh mengisahkan bahwa apabila dahi sesorang diletakkan di batu Intihuatana, akan menjadi gerbang bagi penglihatan orang tersebut menuju dunia roh.

Blue Lagoon, Islandia



Blue Lagoon termasuk satu dari 25 keajaiban alam di dunia. Sebuah spa alami yang terletak di utara Eropa ini memiliki khasiat yang bagus bagi kesehatan tubuh terutama untuk masalah kulit.

Khasiat tersebut dipicu dari mineral yang berasal dari inti bumi dalam danau yang diketahui efektif untuk penyakit eksim dan psoriasis. Wajar saja kemudian tempat ini menjadi tempat wisata spiritual yang terkenal.

Hell's Gate, Selandia Baru



Spa alami yang diketahui mampu menyembuhkan gangguan penyakit kulit ini pertama kali ditemukan oleh Rotorua Maori sekitar 7,000 tahun silam.

Situs yang disakralkan ini kini dibuka untuk publik, termasuk juga Air Terjun Kakhi, sebuah air terjun terluas yang ada di selatan Selandia Baru. Legenda tentang tempat ini mengatakan bahwa para prajurit jaman dulu memanfaatkan air dalam Hell's Gate untuk menyembuhkan luka-luka mereka setelah bertempur.

Laut Mati, Israel



Danau yang memiliki kadar garam yang sangat tinggi ini dipercaya mampu menyembuhkan segala macam kondisi fisik akibat gejala stres yang terjadi pada masyarakat urban saat ini.

Ilmu pengetahuan menjelaskan mengapa Laut Mati mampu menyembuhkan tubuh, yakni kandungan 33% garam dalam air ternyata kaya akan mineral termasuk magnesium, kalsium, potassium, dan lainnya.

Semua mineral tersebut bekerjasama dengan sinar matahari yang cukup menyengat disana, dan mampu mengembalikan kondisi kulit dan tubuh setelah berendam di danau ini.

Gunung Banahaw, Filipina



Hikayat tentang kekuatan Gunung Banahaw dalam menyembuhkan mental dan spiritual seseorang bisa dilacak pada masa injili. Banyak cerita yang menyertai kemistisan gunung ini. Namun orang-orang memilih berkunjung ke gunung ini demi menyucikan dosa-dosanya agar kesehatan dan kebahagiaan hidupnya pulih seperti sediakala.

Mereka rela menyusuri goa-goa dan terowongan yang ada di gunung ini hanya untuk mendapatkan kekuatan penyembuhan dari gunung ini.

Uluru, Australia



Sebagai bagian dari kebudayaan asli suku Aborigin, Uluru sangat hati-hati dari penjelajahan pihak luar. Penyembuhan dan kehidupan spiritual tempat ini didapatkan ketika pimpinan suku memanjat goa yang tersembunyi untuk melakukan ritual do'a agar bumi dan seisinya berada dalam kondisi yang sehat.

Sementara itu pengunjung tak boleh memanjat Urulu, bahkan hanya memindahkan batu yang ada disana, siapapun dipercaya akan terkena kutukan sepanjang hidupnya.

Ubud, Indonesia



Popularitas Ubud sebagai destinasi yang menjajakan spiritualitas dan kesehatan semakin moncer setelah diangkat dalam film Eat, Pray and Love yang dibintangi Julia Roberts dan Javier Bardem. Ubud menawarkan paduan eksotisme ramuan tradisional Indonesia dengan karakteristik meditasi Asia yang terkenal.

Disini relaksasi dan ketenangan hidup bisa didapatkan, sebagaimana sosok Elizabeth Gilbert yang menulis memoar Eat, Pray, Love yang kemudian difilmkan tersebut.

Demikianlah sembilan tempat wisata spiritual yang terkenal di dunia. Semoga kapan-kapan bisa berkunjung kesana.