11 Pantai di Indramayu yang Eksotis dan Menawan

Bentang alam Indramayu dikenal sebagai daerah pesisir. Oleh karena itu, kota ini tidak kekurangan wisata pantai yang eksotis dan menawan. Mau tahu pantai apa saja yang bisa Anda kunjungi di Indramayu?


Wisata pantai di Indramayu memang masih mengandalkan wisata berbasis komunitas. Artinya pengelolaan tempat-tempat tersebut kebanyakan diserahkan pada masyarakat setempat.

Sampai hari ini belum ada korporasi yang tertarik mengembangkan wisata pantai di kota penghasil mangga ini. Padahal potensi keindahan alamnya yang bisa digali lebih banyak lagi bisa menjadi sumber pemasukkan yang menggiurkan.

Ada satu sebab yang membuat wisata pantai di Indramayu tidak seperti wisata pantai pada umumnya. Yakni cuaca yang cukup terik dan beberapa akses jalan yang sedang diperbaiki. Lambat laun sisi lemah tersebut terus dikikis.

Apabila mau bukti, silakan simak beberapa wisata pantai yang cukup populer di Indramayu.

1. Pantai Dadap Juntinyuat

Pantai Dadap. / Sumber: Facebook.
Wilayah Dadap dikenal dengan desa nelayan yang memasok kebutuhan ikan di pasar domestik. Sebab di wilayah ini juga terdapat tempat pelelangan ikan yang menjadi sentra ekonomi masyarakat setempat.

Beberapa puluh meter dari kompleks perumahan warga, terdapat pantai yang menjadi sarana hiburan masyarakat sekitar. Anda bisa melihat fajar yang eksotik maupun senja yang temaram menyinari bebatuan water break di pantai ini.

Pada musim liburan, setiap pengunjung yang ke pantai ini dikenai tiket masuk. Nominalnya mulai dari Rp5.000. Namun pada hari-hari sepi, Anda bebas masuk-keluar di kawasan pantai ini.

2. Pantai Glayem

Pantai Glayem.
Glayem dikenal dengan keberadaan rumah makannya seafood-nya yang yang enak. Buat Anda yang alergi maupun kurang suka dengan hasil laut bisa menikmati pantainya dengan hidangan minuman kelapa muda segar.

Pantai Glayem cukup dekat dengan jalan raya. Aksesnya juga sudah bagus. Pantai ini terletak di Desa Juntinyuat, Blok Glayem.

3. Pantai Rembat Juntinyuat

Pantai Rembat. / Sumber: Facebook.
Pantai Rembat bisa disebut wisata pantai kekinian. Ia memiliki berbagai ornamen yang memanjakan mereka para pengguna Instagram. Ada ornamen mirip sarang burung, jembatan kayu nan cantik, dan beragam tiang-tiang warna-warni yang sayang untuk dilewatkan.

Anda disarankan ke pantai ini pada pagi atau sore hari setelah asar. Sebab selain tidak panas, hasil foto pada jam-jam tersebut cukup bagus.

Secara teritori, pantai ini masuk ke wilayah Desa Juntikedokan, Kecamatan Juntinyuat.

4. Pantai Tirtamaya

Pantai Tirtamaya. / Sumber: Facebook.
Pantai Tirtamaya termasuk pantai yang dikelola oleh pemerintah daerah Indramayu. Sayangnya perkembangannya kurang begitu siginifikan. Namun ia menjadi tempat wisata yang cukup populer di kota ini.

Pantai ini sangat mudah diakses. Hanya berjarak kurang dari 200 meter dari jalan raya. Anda bisa kesini baik pagi, siang, maupun sore hari. Sebab di pantai ini sudah tersedia banyak tempat untuk sekadar leyeh-leyeh dan berteduh.

5. Pantai Balongan Indah

Pantai Balongan Indah. / Sumber: Facebook.
Balongan terkenal dengan tempat pengolahan minyak bumi yang dimiliki oleh Pertamina. Persis di depan Kantor Pemasaran Pertamina Balongan terletak pintu masuk ke pantai yang diberi nama Balongan Indah ini.

Jarak dari jalan raya ke pantai tidak begitu jauh. Dengan menempuh jarak sekitar 200 meter, Anda sudah bisa menikmati hamparan pantai dengan warung-warung tempat menjual makanan dan minuman ringan sekaligus tempat berteduh.

6. Pantai Tambak Indah

Pantai Tambak Indah. Sumber: Facebook.
Pantai Tambak Indah ini merupakan pantai yang terbilang baru dibuka untuk tempat wisata. Dulunya hanya pantai biasa dimana untuk mengakses bibir pantainya meski menempuh pematang empang milik warga.

Satu hal yang menarik dari pantai ini adalah lokasinya yang berdekatan dengan Rumah Makan Panorama yang cukup legendaris itu.

7. Pantai Karangsong

Pantai Karangsong.
Kalau berbicara pantai dan hasil laut di Indramayu, tidak sah rasanya kalau tidak menyinggung kawasan Karangsong. Untuk menuju ke pantainya, Anda bakal disuguhi jalanan aspal mulus dengan perahu-perahu sebesar rumah yang berjejer di tepi sungainya.

Di pantai ini juga terdapat kawasan ekowisata mangrove yang menjadi tempat pelestarian hutan bakau.

8. Pantai Tiris

Pantai Tiris. / Sumber: Hanindito.

Pantai Tiris terletak di Desa Pabean Ilir, Kecamatan Pasekan. Di wilayah ini terdapat pantai dengan suasana yang masih asri. Ada pohon cemara, bakau, dan beberapa bangunan tempat berteduh yang dibuat oleh komunitas pengelola wisata pantai.

Sayangnya untuk menuju kesini butuh perjuangan yang lumayan panjang. Anda mesti menyusuri jalan desa di Kecamatan Pasekan yang di beberapa ruasnya rusak. Namun begitu sampai di bibir pantai, Anda bakal terpuaskan dengan eksotisme kawasan pantai ini.

9. Pantai Panjiwa

Pantai Panjiwa. / Sumber: Hanindito.
Pantai Panjiwa merupakan pantai eksotis yang sepertinya tak sengaja ditemukan. Penduduk setempat sebetulnya terbiasa dengan akar bakau yang tinggi menjulang. Namun oleh orang lain, akar-akar tersebut sungguh bagus yang mengingatkan pada pohon-pohon di Afrika. Pohon bakau tersebut cukup banyak terdapat di pantai ini.

Pantai ini terletak di Kecamatan Kandanghaur. Sangat tidak disarankan mengunjungi pantai ini ketika hujan dan setelahnya. Sebab akses menuju bibir pantainya masih belum diaspal.

10. Pantai Eretan

Pantai Eretan. / Sumber: Facebook.

Abrasi yang lumayan mengikis bibir pantai membuat kawasan Pantai Eretan hampir tinggal kenangan. Ditambah pula sepinya deretan rumah makan di sekitar pantai ini disebabkan keberadaan tol Cipali.

Namun Anda tak perlu khawatir, pantai ini masih hidup dan bisa dinikmati oleh siapapun.

11. Pantai Plentong

Pantai Plentong. / Sumber: Facebook.
Pantai Plentong merupakan destinasi wisata pantai terbaru di Indramayu. Ia dipadukan juga dengan Kampung Bintang Desa Ujunggebang, Kecamatan Sukra.

Pantai Plentong menawarkan aneka ragam ornamen yang instagrammable. Sehingga cocok buat Anda yang gemar berswafoto.

Pantai ini merupakan pantai paling barat yang ada di Indramayu. Lokasinya juga cukup jauh dari jalan raya. Meski begitu tawaran indahnya pantai ini dengan aneka ragam ornamen yang kekinian membayar lunas lelahnya perjalanan.

Demikian 11 wisata pantai yang ada di Indramayu. Sebetulnya ada lebih banyak lagi wisata pantai yang lain di wilayah ini, cuma beberapa diantaranya masih proses rintisan dan belum sepopuler di daftar ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel