Sekolah Ini Pakai Ular Untuk Membangun Karakter Siswanya

Karakter memang penting bagi anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Sehingga banyak sekolah yang melatih siswanya untuk memiliki karakter yang kokoh. Beragam pelatihan pun dilakukan untuk membangun karakter ini. Metodenya pun bermacam-macam.

Tapi sebuah sekolah di Petaling Jaya, Malaysia membangun karakter siswanya dengan cara yang berbeda. Mereka memakai ular untuk membangun karakter siswanya. Hal ini terungkap dalam sebuah video berdurasi 2,5 menit yang kini sedang viral.


Sebagaimana dikutip dari Straitstimes.com, dalam video itu terungkap ada sepuluh siswa sekolah dasar yang diintruksikan untuk menceburkan diri ke dalam kolam air yang berlumpur. Setelah siswa yang masih tergolong anak-anak itu masuk ke kolam yang tingginya hanya selutut mereka, ular yang besarnya hampir sama dengan lengan anak-anak itu dicemplungkan ke kolam tersebut.

Kontan saja semua anak tersebut menjerit ketakutan. Mereka yang berupaya naik karena panik melihat ular kemudian disemprot dengan air agar kesulitan memanjat pinggiran kolam.

Pelatihan yang kabarnya dihelat di daerah Kuala Kangsar, Perak, Malaysia ini mendapat sorotan luas. Ketua Asosiasi Guru dan Orang Tua Malaysia, Mohamad Ali Hasan, mengutuk keras pelatihan ini.

"Pemerintah mesti melarang jenis pelatihan semacam ini. Bekukan tempat pelatihan mereka dan segera cabut ijin para pelatihnya," kecam Ali Hasan sebagaimana dikutip oleh Straitstimes.

Ali Hasan pun menambahkan kecamannya, bahwa para pelatih tersebut mesti direhabilitasi. Karena mungkin saja pikiran mereka terganggu, karena menggunakan ular betulan alih-alih menakut-nakuti anak kecil dengan ular mainan.

Tak hanya Ali Hasan, Deputi Presiden Asosiasi Kesehatan Mental Malaysia, Dr Andrew pun mengecam tindakan tersebut. Ia menyatakan bahwa bukannya karakter siswa bakal menguat, justru dengan adanya ular tersebut malah memicu fobia yang berkepanjangan.

Hingga saat ini, kegiatan pelatihan tersebut sedang diinvestigasi.

Simak video versi The Star TV berikut