Gratis! Manfaatkan Penyedia Gambar Ini Untuk Situs Kamu

Buat pemilik website, terutama blogger yang memang tidak dikelola secara profesional, memiliki foto sendiri sepertinya agak menyusahkan. Selain harus memiliki kamera yang bagus, waktu dan tenaga ekstra juga amat diperlukan.

Sebenarnya di dunia maya ada etika yang tidak tertulis namun sangat mengikat bagi siapapun yang menggunakan, baik artikel terutama foto, yakni memberikan kredit berupa back link atau link mati jika diperlukan. Tapi biasanya, sering ada ijin tertulis agar gambar yang kamu unduh dan kamu pasang di blog tak bermasalah di kemudian hari. Adakah jalan keluar untuk hal ini?



Ada. Disini ada daftar website untuk mendapatkan foto yang gratis dengan resolusi yang baik, yang bisa dicantumkan sesuka hati kamu di blog atau website milik kamu. Ya, tentu saja untuk menghargai jerih payah mereka, berikan kredit sebagaimana mestinya. Dan pastikan mereka tak pernah menuntut kamu untuk menurunkan foto yang telah diunggah. Berikut daftarnya:

1. Unsplash


Unsplash memberikan foto dengan resolusi yang tinggi free of charge. Baik banget, ya? Tapi kamu tak boleh mengunduh foto mereka lebih dari 10 foto dalam sehari.

2. Super Famous Studios


Pemilik Superfamous bernama Folkert Gorter yang berkantor di Los Angeles. Gambar atau foto yang dimilikinya boleh dipajang di blog kamu, asal diberi kredit.

3. Public Domain Archive


Situs ini memberikan gambar-gambar yang gratis tiap minggunya. Ada sih gambar yang premium, tapi situs ini menyediakan gambar yang gratis juga dengan jumlah yang cukup banyak.

4. Pixabay


Situs ini punya 320.000 foto, vector dan gambar ilustrasi yang bisa dipakai secara gratis. Lagi-lagi dengan syarat memberikan kredit pada situs ini.

5. PicJumbo


PicJumbo punya banyak sekali foto, gambar, bahkan video yang bisa kita pakai untuk tujuan sosial dan komersial.

6. MorgueFile


MorgueFile merupakan sumber foto yang bagus buat ilustrasi blog kamu. Dan yang penting gratis.

7. Gratisography


Entah kebetulan atau tidak jika nama situs ini ada nama gratisnya, Gratisography. Tapi satu hal yang pasti, foto dan gambar di situs ini memang benar-benar gratis.

8. FreeImages


FreeImages.com menyediakan gambar dan foto yang gratis. Meski untuk menggunakannya harus mendaftar dulu, tapi hasilnya tak akan mengecewakan.

Meski gratis, hargailah hak cipta mereka dengan tetap memberikan kredit yang sepantasnya. Kamu pun tahu jika memproduksi gambar dan foto sendiri memiliki biaya tersendiri.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel