Hati-Hati Menggunakan Simbol Gerakan Tangan Ini

Ketika melancong ke berbagai negara, kadang tak semua bahasa bisa dikuasai. Mungkin dengan memakai bahasa Inggris masalah tersebut bisa diatasi. Namun bagaimana jika lawan bicara kita pun tak memahami bahasa Inggris. Mereka hanya bisa bahasa lokal saja. Hal ini menuntut kreatifitas kita dalam menggunakan bahasa isyarat berupa gerakan tangan yang menyimbolkan sesuatu.

Hanya saja, kita pun mesti hati-hati dalam menggunakan bahasa isyarat ini. Alih-alih mempermudah komunikasi, justru malah memperburuk keadaan. Karena simbol-simbol yang kita sangka membahasakan sesuatu ternyata dipahami sebagai ungkapan yang tidak sopan, bahkan menjurus ke penghinaan. Untuk itu, yuk kenali simbol dengan gerakan tangan apa yang tidak boleh digunakan, dan negara mana yang melarangnya.

1. Simbol 'five fathers'

Jika ingin dideportasi dari Saudi Arabia maupun dari wilayah Karibia ketika anda berkunjung kesana, silakan melakukan gerakan seperti di gambar. Gerakan ini memang seperti namanya, five fathers, alias lima ayah. Hal ini berarti satu ibu dengan lima orang ayah, yang bermakna perempuan tersebut adalah (maaf) seorang pelacur. Gerakan tangan ini bakal memicu tindak kekerasan di negara tersebut.

2. Simbol 'chin flick'

Simbol ini berarti mengelus dagu dengan punggung tangan. Di beberapa negara seperti Belgia, perancis, Italia bagian utara, dan Tunisia gerakan tangan seperti ini setara dengan mengatakan "enyahlah" dengan cara yang sangat kasar. Meski begitu, di Italia secara umum simbol seperti ini berarti mengatakan tidak.

3. Simbol 'idiota'

Jika anda berkesempatan pergi ke Brazil, entah bertemu Ronaldo maupun melihat-lihat bekas podium Olimpiade kemarin, maka jangan sekali-kali meletakkan kepalan tangan ke dahi. Sebabnya, di negara yang dilintasi sungai Amazon ini, gerakan ini menyimbolkan pertanyaan menghina, yakni "Kamu idiot, ya?"

4. Simbol 'moutza'


Moutza mungkin sebuah gerakan tangan yang paling kompleks dibanding yang lain. Bukan soal gerakannya, tapi mengenai sejarah yang menyertainya. Moutza muncul pada jaman Byzantium kuno, dimana para kriminal dirantai di jalanan. Orang-orang pada masa itu kemudian menumpahkan kotoran, abu, dan benda-benda kotor lainnya ke muka pelaku kriminal tersebut.

Posisi tangan orang-orang yang menumpahkan kotoran ini kemudian seiring waktu disebut moutza, yang bermakna 'ambil ini' maupun 'ini dia' dengan intonasi yang kasar. Dan gerakan ini kemudian tersebar di Yunani, Afrika, dan Pakistan. Di negara-negara tersebut gerakan Moutza bermakna sangat kasar, yakni "pergi kamu ke neraka", "Makan *** ini", serta "Saya akan memperkosa kakak perempuan kamu!"

5. Simbol 'pepper mill'

Gerakannya mirip (maaf) gerakan pria kewanita-wanitaan alias banci. Tapi jangan salah, di selatan Italia, gerakan ini berarti mengatakan gila pada lawan bicara.

6. Simbol 'corna'

Mengatakan kepada orang lain bahwa istrinya tak bisa dipercaya tentu saja bisa menyinggung perasaannya. Bahkan hal ini bisa menimbulkan benturan fisik apabila lawan bicara tersebut tidak terima tuduhan tersebut. Dan di Brazil, Kolombia, Italia, Portugal dan Spanyol ada sebuah simbol yang berarti mengatakan bahwa istri orang tersebut tidak bisa dipercaya. Simbolnya mirip tanduk banteng. Silakan lihat gambar.

7. Simbol 'write-off'

Apa rasanya diabaikan? Sakit 'kan? Apalagi ketika pengabaian itu diucapkan dengan lantang dan dengan ungkapan yang kasar. Dan di Yunani, ada gerakan tangan yang berarti kita mengabaikan lawan bicara. Gerakannya bisa dilihat di gambar.

8. Simbol 'cutis'

Memberikan isyarat jempol memang bermakna memuji kepada lawan bicara. Lain halnya ketika ibu jari ini kita gigit dan kita berada di India maupun Pakistan. Karena dengan melakukannya di kedua negara tersebut, kita sedang mengatakan, "Persetan dengan keluargamu."

9. Simbol 'tacano'

Ketika ada orang yang bilang bau kepada kita, meski kita memang bau, kita pun tersinggung. Apalagi ketika kita dalam posisi yang tidak berbau badan sama sekali. Maka ketika ada yang bilang "Kamu bau", itu berarti penghinaan. Dan di Meksiko maupun Amerika Selatan ada simbol untuk mengatakannya secara kasar. Dan simbolnya bisa dilihat di gambar. Namun kalau di Austria dan Jerman, simbol ini bermakna, "Kamu idiot".

10. Simbol 'fishy smell'

Simbol ini ada di Italia bagian selatan, dan berarti menyatakan bahwa rekan kita tak bisa diajak kerjasama, alias tidak bisa dipercaya. Anda tinggal menempelkan telunjuk dan jari tengah di ujung hidung seperti di gambar.

Sumber: Rude Hand Gesture of The World

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel