Kakak dan Adik Sering Bertengkar? Gini Lho Cara Mengatasinya!

Punya dua anak memang menyenangkan. Selain ayah dan bunda dicitrakan sukses menerapkan program Keluarga Berencana, juga tak harus dipusingkan dengan tambahan cicilan mobil dan kredit untuk perluasan rumah. Duh, yang sekarang saja belum lunas, 'nih.

Makanya, selain mengurangi living cost dan secara psikologis keduanya memiliki hubungan yang erat, para orang tua mesti mewaspadai hal-hal yang bisa membuat hubungan keduanya retak. Apa itu? Ya, bertengkar. Ada saja kejadian yang membuat keduanya bertengkar.

Nah, jangan sampai pertengkaran-pertengkaran itu membekas hingga mereka dewasa. Jangan. Untuk itu sebagai orang tua yang kekinian, kita mesti paham jurus jitu untuk mengatasi si kakak dan si adik yang sedang bertengkar.

Mencoba Mengalihkan Perhatian

Kakak dan Adik Sering Bertengkar? Gini Lho Cara Mengatasinya!

Nggak jarang kakak dan adik bertengkar hanya karena masalah yang sepele. Iya, sepele banget. Misalnya saja si kakak bikin mimik-mimik aneh buat ngeledekkin adiknya. Karena merasa diintimidasi dan sebagai seorang adik tak layak diperlakukan seperti itu, ngambek lah si adik ini.

Nah, daripada kita pada akhirnya melihat mereka berdua bertengkar, mendingan alihkan perhatian si kakak atau si adik, deh. Minta tolong mereka untuk mengambilkan sesuatu, misalnya. Atau apalah yang membuat mereka menghentikan sejenak aksinya saling ledek itu. Dengan begitu, secara otomatis biasanya acara bertengkar jadi batal.

Jangan Selalu Membela Si Bungsu

Kakak dan adik sering bertengkar? Gini Lho Cara mengatasinya!

Mungkin para orang tua terbawa nilai-nilai sinetron yang menganggap bahwa yang lemah harus selalu dibela. Sehingga hal ini terbawa pada pola pengasuhan yang sering memposisikan si kakak sebagai tersalah. Ternyata ini kurang baik. Selalu membela si adik kalau ada pertengkaran punya imbas negatif.

Orang tua yang selalu membela si adik atas setiap pertengkaran menjadikan dia tak mampu belajar dari kesalahan. Kita 'kan nggak tahu juga apa penyebab pertengkaran itu. Selain membuat si adik memiliki sifat yang manja, juga tak bisa menimbulkan sifat iri yang kelak selalu dimiliki oleh si kakak. Eh, ini juga berlaku sebaliknya.

Menciptakan Suasana Akrab

Kakak dan Adik Sering Bertengkar? Gini Lho Cara Mengatasinya!

Kakak dan adik yang akrab biasanya lebih jarang bertengkar daripada kakak adik yang seringnya sendiri-sendiri. Banyak cara kok kalau mau bikin si kakak dan adik jadi akrab. Selain nonton TV bareng, ajak saja mereka belanja online aman di internet.

Sekarang ada MatahariMall yang siap membuat para ibu jadi lebih mudah berbelanja secara online. Si kakak dan si adik juga bebas memilih sendiri barang-barang kebutuhan mereka. Nantinya, mereka juga gak akan rebutan mainan karena masing-masing sudah punya mainan sendiri.

Kalau memang ingin membelikan satu mainan saja, berikan perhatian pada kakak dan adik supaya bisa menggunakannya bersama-sama, ya.

Jadi orangtua memang banyak tantangan dan keseruannya. Jangan bosan untuk mencari informasi menarik seputar dunia anak. Karena orangtua modern pasti paham dengan kebutuhan dan tumbuh kembang buah hatinya.


Sumber gambar:
Playbuzz.com, Daily Mail.uk, Pixabay.