Enam Cara Alami Usir Depresi

Menurut salah satu badan PBB yang menangani kesehatan (WHO), sekitar 350 juta orang di seluruh dunia menderita depresi. Ini menjadi sebuah masalah global yang sebenarnya cukup serius. Depresi hadir dengan gejala dan tanda seperti putus asa, rasa sakit secara fisik, lelah, susah makan, tidur, dan kadang-kadang pula disertai perasaan ingin mengakhiri hidup.

Ilustrasi depresi (Sumber: Time)
Untunglah, melalui meditasi dan konseling, ada begitu banyak cara alami yang bisa dipilih untuk membantu penderita atau bahkan kita sendiri agar memiliki mental yang sehat. Kondisi mental yang sehat bakal menjauhkan kita dari depresi. Apa saja cara alami itu? yuk, kita intip satu persatu.

1. Olahraga yang teratur

Sebenarnya susah untuk mengatur gaya hidup rajin berolahraga akibat kelelahan yang mendera karena pekerjaan. Tapi jika kita mengaturnya dengan baik, berolahraga dengan teratur justru bisa mendukung kesehatan emosi kita. Ini disebabkan karena dengan berolahraga, tubuh melepaskan hormon endorfin, sebuah hormon yang secara alami mampu mengaktifkan mood menjadi lebih baik. Tak hanya itu, berolahraga yang teratur pun mampu menghilangkan stres, yang pastinya bakal menekan gejala depresi dan bahkan menghilangkannya sama sekali.

2. Stress Management

Loh, bagaimana kita bisa mengatur stres, sementara stres ini sudah menghinggap ke jiwa kita? Tenang dulu, maksud dari stress management adalah sebentuk latihan agar jiwa tetap rileks dan tenang. Hal ini bisa dilakukan dengan mengerjakan Yoga, meditasi, tai chi, atau buat yang bergama Islam bisa dengan sholat. Kondisi jiwa yang tenang ini besar peranannya dalam menghalangi depresi datang ke kita.

3. Diet yang sehat

Banyak orang yang terkena depresi memiliki pola makan yang berlebih, atau bahkan berkurang drastis. Tapi bagaimanapun juga kebutuhan gizi dan vitamin harus tetap terjaga agar tubuh mampu menjaga kualitas sistem saraf agar tetap sehat. Sehingga seberat apapun masalah yang dihadapi, jangan lupa makan ya.

4. Suplemen alami

Sebenarnya ada begitu banyak herbal dan suplemen alami yang mampu mengusir depresi. Salah satunya adalah minyak zaitun. Namun jika berbicara soal herbal dan suplemen alami, penyembuhannya memang lambat, tapi aman.

5. Ada waktu untuk bersosialisasi

Bagian paling penting dari depresi adalah perasaan sepi dan terisolasi. Jadi untuk menghindari kesan menyendiri inilah, kita mesti bersosialisasi yang cukup dengan teman-teman. Ingat, ya, cukup. Tidak berlebih. Dan bersosialisasi lah hanya dengan kelompok-kelompok yang mampu membawa imbas positif bagi kita. Jangan sampai setelah bersosialisasi, depresi kita justru semakin bertambah.

6. Tidur yang berkualitas

Pada intinya, yang jadi permasalahan bukan pada soal tidurnya berapa jam, tapi berkualitas tidak tidur yang kita lakukan. Jika tidur kita tidak berkualitas, maka depresi tentu bakal mendekat.

Demikian enam cara alami usir depresi. Semoga kita semua bisa terhindar dari kondisi kejiwaan semacam ini.