Cara Menghindari Kanker Serviks dengan Mudah

Kanker serviks menjadi penyebab kematian tertinggi bagi perempuan pengidap kanker di Indonesia. Badan kesehatan dunia (WHO) mencatat, angka kematian akibat kanker serviks di Indonesia cukup tinggi. Bahkan pada tahun 2015, angkanya menempati urutan teratas di seluruh dunia dengan jumlah penderita 15.000 orang, dan 8.000 diantaranya meninggal dunia.

kanker serviks


Kanker serviks, sebagaimana jenis kanker yang lain, merupakan perkembangbiakan sel yang diluar kendali tubuh. Sehingga mengakibatkan jaringan tubuh yang normal terganggu. Dalam kasus kanker serviks, sel abnormal tersebut tumbuh di leher rahim wanita (serviks). Leher ini berfungsi sebagai pintu penghubung antara rahim dengan alat kelamin. Mengapa kanker serviks muncul?

Penyebab pasti mengapa seseorang menderita kanker serviks memang tidak diketahui dengan pasti. Namun berdasarkan pendapat umum para dokter, kanker serviks secara umum disebabkan oleh virus HPV (Human Papilloma Virus). Virus ini secara umum sebenarnya tidak berbahaya, namun ada beberapa dari jenisnya yang mengganggu sel-sel telur dalam rahim dan menyebabkan kanker. Untuk itu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meminimalisir tumbuhnya HPV dan berkembang jadi kanker serviks.

Rutin Melakukan Pap Smear

Pap smear adalah tes pap. Tes ini dilakukan untuk menentukan kesehatan leher rahim (serviks), apakah organ ini sehat atau ada perubahan sel-sel yang tumbuh secara tidak normal. Dalam melakukan pap smear, dokter biasanya menggunakan spekulum untuk membuka ruang dan mengambil contoh sel-sel untuk diuji di laboratorium.

Karena hubungannya dengan bagian privasi kewanitaan, sebaiknya memeriksakan diri ke dokter perempuan juga. Dan para dokter lebih menyarankan untuk melakukan pap smear ini jika sudah berusia 21 tahun keatas, atau sudah menikah.

Tidak Berganti-ganti Pasangan

Perempuan yang suka berganti-ganti pasangan rentan terserang kanker serviks. Sebabnya resiko HPV untuk tumbuh di leher rahim disebabkan oleh aktivitas semacam ini.

Berhentilah Merokok, Baik Aktif Maupun Pasif

Merokok tak hanya mengakibatkan serangan kanker paru-paru saja. Banyak kanker ternyata disebabkan oleh aktivitas menghirup asap tembakau ini. Dan salah satunya kanker serviks. Apabila ada temanmu yang merokok, sebaiknya ditegur saja untuk mematikan rokoknya atau pergi menjauhinya.

Mendapat Vaksin HPV

Jika masih 26 tahun atau malah lebih muda, sebaiknya seorang perempuan mendapatkan vaksin HPV. Hal ini untuk menghindari resiko dari munculnya virus HPV yang menjadi sebab kanker serviks. Ada banyak vaksin yang biasanya digunakan oleh tenaga kesehatan, yakni Gardisil, Cervarix dan Gardisil 9.

Tetap Hidup Sehat

Tak ada yang bisa menyangkal bahwa hidup sehat merupakan satu-satunya cara terbaik dalam mencegah berbagai macam jenis penyakit, termasuk kanker serviks. Olahraga teratur, makan-makanan yang bergizi dan hidup normal merupakan cara terbaik untuk tetap sehat.

Demikian cara menghindari kanker serviks. Semoga kita semua sehat selalu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel