Apa Jadinya Kalau Bumi Tak Dihuni Manusia?

Manusia memang menjadi pemain utama dalam planet yang bernama bumi ini. Namun alih-alih menjadi penjaga kelestarian alam, manusia telah menjadi penyebab utama dari kerusakan yang mengakibatkan bencana alam yang serius.

Lalu sempatkah kita berpikir apabila Tuhan tiba-tiba melenyapkan manusia dalam sekejap? Ya, tak ada satu pun makhluk hidup yang berjenis manusia dalam bumi ini. Tak ada satu pun. Yang tersisa tinggal di bumi adalah hewan dan tumbuhan saja, baik yang berukuran mikroskopik hingga terlihat jelas dengan mata telanjang.


Sebuah video dari PlayGround+ mengemukakan sebuah teori yang sepertinya cukup masuk akal. Di video pendek yang berdurasi 1 menit 18 detik tersebut, PlayGround mengandaikan bumi ini tak dihuni oleh manusia. Seluruh ras manusia hilang dalam sekejap. Apa yang terjadi?

Dalam beberapa jam pertama setelah manusia lenyap, listrik bakal padam. Bumi tidak ada listrik sebab orang-orang yang melakukan pengaturan dan perawatan terhadap energi listrik juga ikut hilang. Lalu imbasnya pun cukup luar biasa, sebagai contoh pipa yang tadinya menyedot air agar tidak masuk ke terowongan bawah tanah, tiba-tiba mati dan air membanjiri terowongan tersebut.

Sebulan kemudian, reaktor nuklir akan non-aktif. Tak ada aktivitas pengayaan uranium lagi. Dan nuklir di seluruh dunia akan ikut lenyap seiring ketiadaan perawatan pembangkitnya yang dilakukan oleh manusia.

Video pun berlanjut ke 25 tahun kemudian. Ketika jalan-jalan dan gedung-gedung akan dirambati oleh tanaman. Las Vegas dan Dubai pun akan kembali menjadi padang pasir. Burj Khalifa akan berdebu dan kusam, bahkan bisa jadi akan roboh di beberapa bagian.

Ratusan tahun kemudian seluruh bangunan permanen yang dibuat manusia mungkin akan roboh, dan menyisakan monumen-monumen seperti patung dan benda-benda yang terbuat dari batu nan keras saja. Jembatan dan penghubung antar pulau pun akan hancur sehingga memungkinkan kehidupan laut akan meningkat.

Lalu jika sudah mencapai ratusan juta tahun tanpa manusia, maka jejak-jejak peradaban manusia akan hilang. Mungkin juga akan muncul makhluk dari kalangan hewan yang akan menjadi pemimpin bumi selayaknya manusia.

Video yang diunggah pada 14 Januari 2017 tersebut kini telah ditonton 3,8 juta kali. Angka penonton dari video yang bersumber dari buku The World Without Us karya Alan Weisman ini mungkin akan terus bertambah. Tapi mudah-mudahan pesannya memang benar-benar sampai.

Baik PlayGround maupun Alan Wiseman menitipkan pesan bahwa tanpa manusia bumi akan tetap bertahan. Ia akan tetap ada dan sepertinya tumbuh lebih lestari. Tapi tanpa bumi, manusia tak akan bisa hidup.

Simak videonya disini: