8 Tanda Tubuh Sedang Kekurangan Air

Air memang dikenal sangat penting bagi tubuh. Namun meski banyak anjuran dari ahli kesehatan mengenai pentingnya air ini, namun kita hanya menyetujui dalam diam. Ya, setuju tapi diam-diam mengabaikan anjuran tersebut, dan tidak mematuhinya. Sementara lambat laun kita mengabaikan anjuran tersebut, tubuh pun semakin kekurangan air. Nah, simak tanda-tanda jika tubuh kita sudah kekurangan air di bawah ini.

Tanda Tubuh kekurangan Air

1. Kelelahan

Kelelahan merupakan suatu hal yang wajar apabila tubuh senantiasa melakukan pekerjaan. Namun ketika rasa lelah tersebut berlangsung terus-menerus meskipun tubuh tidak sedang bekerja keras, ini yang mesti diwaspadai. Bisa jadi ketika tubuh lelah tanpa sebab, kita terkena dehidrasi.

Dehidrasi merupakan kekurangan cairan dalam tubuh. Dehidrasi menyebabkan aktivitas enzim melambat, yang menyebabkan produksi energi menjadi berkurang. Secara fisik, penderita dehidrasi bisa terlihat dari warna air seninya yang kuning pekat atau tidak putih bening. Ini disebabkan tubuh kekurangan asupan cairan, sehingga meminum air secukup mungkin bisa menjadi solusi.

2. Meningkatkan Tekanan darah

Jika tekanan darah kita cukup tinggi, itu bukan berarti tubuh memiliki kolesterol yang juga tinggi. Karena bisa jadi sebabnya adalah kita kurang minum. Sehingga untuk menghindari tekanan darah tinggi, cukup memperbanyak asupan cairan yang bermanfaat bagi tubuh.

Yang perlu diingat, darah terdiri dari 92% cairan. Jadi ketika persentase cairan ini berkurang, maka darah akan mengental dan pembuluh darah akan diminta untuk bekerja lebih keras.

3. Kolesterol Tinggi

Jangan dikira jika kolesterol tinggi hanya didominasi oleh kalangan paruh baya saja. Karena kolesterol tinggi bisa menjangkiti siapapun jika kondisinya memungkinkan. Salah satu kondisi yang menyebabkan tingginya kolesterol adalah ketika tubuh kekurangan cairan. Karena sistem kerja tubuh akan meningkatkan produksi kolesterol ketika cairan dalam tubuh berkurang.

4. Gangguan Ginjal

Ginjal merupakan organ tubuh yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan air dalam tubuh manusia. Ia akan melakukan hal-hal yang berhubungan dengan cairan dalam tubuh, baik darah, air seni, maupun asupan cairan dalam tubuh. Apabila tubuh dalam kondisi kekurangan cairan, kerja ginjal akan kesusahan dalam memilah cairan yang dibawah oleh darah dan mana cairan yang mesti dibuang. Lambat laun, tubuh akan mengalami sakit, hingga berpotensi gagal ginjal.

5. Konstipasi alias Sembelit

Susah buang air besar? Fiks, kamu terkena sembelit. Penyakit pencernaan ini salah satu penyebab umumnya adalah kekurangan cairan. Usus besar memerlukan air yang cukup agar proses pencernaan di bagian akhir ini berjalan lancar.

6. Nyeri Sendi

Nyeri sendi biasanya hanya diderita oleh orang tua saja. Sehingga ketika mereka yang muda sudah terkena nyeri sendi, agaknya kita sering kurang percaya. Namun kondisi semacam ini bisa terjadi. Karena nyeri sendi bisa diakibatkan ketika tubuh kekurangan cairan.

7. Merasa Lapar

Dalam kondisi tubuh yang cukup cairan, saraf akan mengirimkan sinyal pada organ tubuh untuk menyerapnya bersama dengan makanan untuk memproduksi energi. Namun ketika tubuh dalam kondisi kekurangan cairan, saraf akan mengirimkan sinyal untuk mencari penggantinya, yakni makan lebih banyak. Jadi untuk menghindari makan berlebih, maka minumlah air yang cukup.

8. Tanda-tanda Penuaan Akan Cepat Terlihat

Ketika tubuh senantiasa sering kekurangan cairan dalam waktu yang cukup lama, maka organ-organ tubuh akan cepat menua. Salah satu yang bakal terlihat adalah kulit akan berkeriput. Dan ketika dilihat secara keseluruhan, tubuh akan terlihat lebih tua dari usia sebenarnya.

Cara Mengatasinya

Sebenarnya kita sudah paham bagaimana cara mengatasi tubuh yang kekurangan air. Yakni kita tinggal meminum air putih secara cukup saja. Sebelum makan kita pun dianjurkan untuk mengonsumsi dua gelas air sebelum makan. Tak hanya itu, sering-sering juga mengonsumsi makanan yang mengandung air. Hal ini sangat berguna untuk menambah cairan di dalam tubuh kita. Bagaimana jika cairan di dalam tubuh berlebih? Jika tubuh kita tak memiliki gangguan, kelebihan cairan akan dibuang secara alami, baik melalui feses maupun air seni.