8 Manfaat Menakjubkan dari Bawang yang Jarang Diketahui

Bawang ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Disamping kegunaannya untuk menjadi pelengkap bumbu masak, bawang, terutama bawang merah dan bawang putih, telah dipercaya sejak lebih dari 7000 tahun silam memiliki banyak khasiat bagi kesehatan.

Bahkan para pekerja pembangunan Piramida Mesir mengonsumsi bawang untuk menjaga vitalitas dan stamina mereka. Lalu, apa saja sih manfaat bawang bagi kesehatan? Yuk, intip disini.


1. Bawang mampu mencegah penyumbatan pembuluh darah

Quercitin, sebuah senyawa yang menjadi sumber manfaat dari bawang merupakan pengencer darah alami. Senyawa ini mencegah trombosit dalam darah untuk membentuk gumpalan. Tak cuma querticin, bawang pun mengandung sulfur yang juga memiliki manfaat yang sama, mencegah penyumbatan pembuluh darah. Jadi dalam satu bawang ternyata memiliki dua kandungan ganda yang memiliki manfaat sama.

2. Bawang mampu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik

Querticin juga tak cuma mencegah penyumbatan pembuluh darah, tapi juga mengatur kolesterol. Senyawa dalam bawang ini mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah namun menjaga kolesterol baik untuk tetap berada dalam tubuh. Tentu saja ini sangat membantu kinerja jantung agar bekerja dengan baik.

3. Bawang dapat mencegah pertumbuhan tumor

Bawang kaya akan antioksidan, yang diketahui juga memiliki kandungan anti-tumor. Tumor yang dicegah oleh bawang terutama yang memiliki potensi untuk menjadi biang kanker. Bawang telah diketahui memiliki spesifikasi dalam mencegah kanker di usus besar, esofageal, prostat, dan perut.

4. Bawang mampu meningkatkan kualitas tidur dan menjaga mood

Folat dalam bawang diketahui memiliki manfaat menakjubkan dalam membantu otak untuk menyerap darah dan nutrisi penting. Pada akhirnya, dengan bantuan folat inilah, otak mampu meningkatkan produksi serotonin dan dopamin dalam otak yang membantu meningkatkan mood, kualitas tidur, dan nafsu makan.

5. Bawang membantu kulit dan rambut menjadi sehat

Bawang banyak mengandung vitamin C, yang mampu memproduksi kolagen. Kandungan inilah yang menjadi komponen penting dalam tubuh kita untuk menjaga agar rambut dan kulit tetap sehat.

6. Bawang mampu membuang racun dalam tubuh

Bawang mengandung asam amino yang mampu membuang racun dalam tubuh secara alami. Asam amino ini memang secara alami diproduksi juga oleh liver untuk menetralisir zat-zat beracun di dalam tubuh. Pembuatan asam amino ini kadang mengalami gangguan sehingga racun tidak seluruhnya mampu dinetralisir oleh tubuh. Oleh karena itu, disinilah peran bawang dalam membantu tubuh menangkal racun.

7. Bawang menyehatkan usus besar

Telah disebut diatas bahwa bawang mampu mencegah kanker di sekitar usus besar. Ini karena selain kandungan serat yang dimiliki bawang, juga kemampuannya untuk tetap mempertahankan bakteri baik di sekitar usus besar.

8. Bawang mampu menurunkan gula darah

Ini kabar baik bagi penderita diabetes. Kromium, mineral yang ditemukan di dalam bawang, mampu mengatur gula darah dalam tubuh. Pun dengan kandungan sulfurnya yang lebih dulu ditemukan, mampu membantu produksi hormon insulin. Ini membuat bawang menjadi pilihan bagi para penderita diabetes, maupun mereka yang sehat agar terhindar dari penyakit kelebihan gula darah tersebut.

Sumber: http://www.selfsufficientish.com/onion.htm